7 Manfaat Penggunaan Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Siswa

kegunaan mind map
mind map ide penulis



Hallo sobat ide penulis.. kali ini ide penulis akan berbagi artikel mengenai mind map.. mungkin diantara sobat sudah pernah mendengar kata-kata mind map tapi belum paham apa kegunaan dari mind map itu sendiri. Oleh karena itu simaklah artikel mind map oleh ide penulis berikut ini. :)

Anda ingin tahu apa itu teknik Pemetaan Pikiran, dan mengapa siswa harus menggunakannya. Nah, kami telah menemukan 7 cara siswa dapat memulai Mind Mapping untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, meningkatkan memori mereka dan menghabiskan waktu kurang efisien dalam membuat catatan - pasti artikel ini layak untuk dibaca Anda dapat tahu lebih lanjut tentang cara membuat Peta Pikiran (Mind Maps) langkah-demi-langkah.



1) Membuat Catatan


Pertama, Peta Pikiran (Mind Maps) adalah cara terbaik bagi siswa untuk membuat catatan tentang semua informasi yang mereka terima. Apakah Anda pernah merasa seperti, seorang siswa, Anda sedang menceritakan sejumlah besar fakta dan angka dan tidak memiliki cara untuk mengutarakan dan mengingatnya? Peta Pikiran (Mind Maps) membantu siswa untuk mencatat informasi-informasi yang paling penting dengan menggunakan kata-kata kunci, dan kemudian membuat hubungan antara fakta dan ide-ide visual dan menjaga semua topik pikiran Anda bersama-sama dalam satu lembar.
mind map ide penulis

Hal ini membuat catatan siswa lebih mudah dan mengurangi halaman catatan ke dalam satu sisi kertas saja. Memiliki satu sumber daya visual untuk dilihat membuat segalanya lebih mudah. Kemudian, ketika Anda kembali untuk meninjau catatan Anda, Anda akan mengingat informasi lebih cepat dan tepat!

Ditambah, dengan software iMindMap, Anda dapat melampirkan file, video, dokumen dan alamat web ke dalam Maps Anda hanya dengan ujung jari Anda! Anda dapat menambahkan dan mengeditnya ketika Anda ingin merevisi kembali mereka untuk ujian Anda.

2) Perencanaan suatu Esai

Siswa sering mendapatkan kejadian seperti ini - guru Anda meminta Anda untuk membuat sebuah esai. Tapi Anda tidak tahu dari mana untuk memulai? Atau, ketika Anda membuat rencana, apakah Anda merasa sulit untuk menuangkan ide-ide brilian Anda? Dengan membuat Peta Pikiran (Mind Map) untuk merencanakan esai Anda, Anda menghasilkan ide-ide lebih cepat dan, dengan struktur radial, Anda dapat dengan cepat melihat topik, ide utama dan struktur yang saling berhubungan.

Peta Pikiran (Mind Maps) akan membantu Anda membuat rencana yang realistis untuk esai Anda, dan membuat struktur logis untuk bagian awal, utama dan kesimpulan. Peta Pikiran (Mind Map) memfokuskan pikiran Anda pada pesan yang ingin Anda sampaikan dan informasi penting yang ingin Anda sertakan, membuat Anda lebih kecil kemungkinannya untuk keluar dari topik atau mulai bertele-tele – Mind Mapping merupakan cara yang baik untuk memastikan anda mencapai kriteria penilaian.

Dengan iMindMap, Anda dapat membuat Peta kata kunci, dan Anda bisa menambahkan catatan jika Anda ingin lebih detail. Setelah Anda telah berhasil membuat Peta Pikiran (Mind Maps) Anda, Anda bahkan bisa mengekspornya ke Microsoft Word - dengan catatan Anda di tempat, esai Anda hampir sepenuhnya ditulis! Bagus untuk tugas siswa. Mind Mapping untuk merencanakan esai ini, sangat berguna bagi siswa menghadapi esai yang berdurasi waktu dalam ujian mereka!



3) Belajar untuk Ujian

Berbicara tentang ujian, berapa banyak siswa membenci belajar untuk ujian? Harus membuka kembali seluruh catatan, lupa apa yang mereka tempatkan di urutan pertama! Dengan Pemetaan Pikiran, belajar dan ujian tidak harus menakutkan. Cukup tinjau kembali catatan yang Anda telah dibuat pada setiap subjek, dan petakan informasi penting yang perlu Anda ingat.

Untuk memastikan bahwa Anda telah menghafalkan informasi ini, Anda dapat membuat Peta Pikiran (Mind Maps) baru hanya dengan cabang-cabang topik utama, dan kemudian mengisi sisanya dari hafalan Anda. Anda akan menemukan bahwa Anda akan lebih ingat, dan mempertahankan hubungan antara ide-ide - ideal untuk menjawab soal-soal ujian! Ketika siswa menggunakan iMindMap, Anda dapat menutup percabangan peta pikiran untuk menguji diri sendiri, atau fokus ke dalam dan ke luar pada aspek dari subjek yang berbeda.

4) Inspirasi Kreatif

Apakah Anda setiap kali mencoba menulis cerita, melukis gambar atau rencana esai, tetapi tidak memiliki ide untuk memulainya? Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) menghasilkan miliaran ide kreatif, bagi siswa untuk merubah sebuah karya menjadi novel besar atau maha karya seni! Peta Pikiran (Mind Maps) bekerja dengan cara yang sama seperti otak Anda, yang berarti bahwa bila Anda memiliki sebuah pemikiran – bisa berupa imajinasi, kata atau perasaan - dari ratusan ide yang tiba-tiba muncul dan saling berhubungan.

Peta Pikiran (Mind Maps) hanyalah sebuah cara untuk mencurahkan ide-ide pikiran di atas kertas, jadi mulailah membuat peta pikiran dan Anda akan menemukan ribuan banjir ide keluar. Selain itu, Tony Buzan, penemu Mind Mapping dan orang serba pintar, mengatakan bahwa ketika Anda mulai membuat peta pikiran, siswa harus mencatat setiap ide-ide yang mereka miliki - tidak peduli betapa gila atau acak ide itu! Di sinilah rencana kreatif terbaik berasal - jadi jangan takut menghadapi tantangan.

5) Pemecahan Masalah

Jika Anda memiliki pemecahan yang sukar atau kendala yang harus Anda atasi, Mind Mapping bisa membantu Anda untuk melihat sesuatu dengan jelas. Siswa harus tahu bahwa kemampuan untuk memecahkan masalah itu nantinya akan dibutuhkan oleh universitas dan perusahaan di masa depan - Mind Mapping mengantarkan Anda selangkah lebih maju!

Ketika Anda menghadapi masalah, insting Anda biasanya panik, berarti jantung Anda mulai berdetak lebih cepat dan Anda mulai merasa stres. Sebaliknya pikiran 'memaksa' Anda untuk menemukan solusi, Peta Pikiran membantu untuk membuka banyak kemungkinan dan pilihan untuk memecahkan masalah.

Ketika Anda membuat sebuah Mind Map untuk solusi, Anda dapat menambahkan ide atau sumber daya yang dapat Anda pikirkan, dan sifat Peta Pikiran berarti bahwa Anda mengeluarkan lebih banyak kemungkinan dari ide-ide Anda. Kemudian Anda dapat memperbaiki Peta Pikiran Anda untuk solusi yang lebih praktis atau realistis. Untuk siswa, dengan membuat Peta Pikiran solusi untuk masalah Anda, Anda harus menjadi fokus pada banyak pilihan yang Anda miliki, dan kemudian pilih / tercepat / termudah terbaik satu untuk masalah Anda.



6) Membuat Presentasi

Membuat presentasi di sekolah, perguruan tinggi atau universitas dapat menjadi hal yang mencemaskan bagi siswa, tetapi presentasi adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda tahu subjek dengan baik dan percaya diri untuk berbicara tentang hal itu. Dengan Peta Pikiran, presentasi sangat mudah bagi siswa. Membaca dari lembaran catatan atau modul membosankan bagi siswa - dengan Pemetaan Pikiran Anda hanya memiliki kata kunci dan gambar untuk merangsang memori Anda, sehingga Anda secara otomatis akan lebih interaktif Anda dan tetap menjaga kontak dengan audiens Anda.

Ketika Anda membuat presentasi Mind Map, Anda hanya perlu menjaga fakta dan informasi yang paling menarik, dan Anda meletakkannya dalam struktur yang jelas. Dengan iMindMap, Anda dapat merencanakan presentasi Anda dengan semua ide dan sumber daya Anda miliki, membuat Peta presentasi Anda dan bahkan sekarang dapat menggunakan template Presentation Mode yang menakjubkan- semua dari dalam satu Mind Map!



7) Kelompok Belajar

                                                                           

Kelompok studi bisa menjadi cara yang sangat menyenangkan bagi siswa untuk berbagi pengetahuan, dan Mind Mapping dapat membantu Anda untuk mendapatkan yang terbaik dalam sesi menuangkan ide-ide Anda. Pertama, Anda harus membuat Mind Maps pikiran Anda secara individu pada topik, karena ini akan memfokuskan pikiran Anda pada ide dan pendapat Anda sendiri - 'tidak pada yang lain!

Kemudian ketika Anda bergabung bersama-sama, Anda dapat menggabungkan ide-ide Anda dengan teman Anda ', tanpa kehilangan wawasan pribadi Anda pada topik, menciptakan sebuah Mind Map baru dengan ide-ide semua orang, Anda dapat membuat Mind Map dengan masing-masing teman Anda' nama sebagai cabang utama, dan kemudian bahkan merekam Catatan Suara dari Anda dan teman-teman diskusi, menambahkan setiap ide setiap orang kepada cabang mereka masing-masing.

Posting Komentar

0 Komentar